Kalimat Bijak :

Friday, May 31, 2013

Teras Tangga (lanjutan..Konservasi Tanah Dan Air-5/10)

3. Teras Tangga

Untuk pembuatan Teras tangga, diperlukan persyaratan sebagai berikut :
  • Tanah yang akan dibuat Teras tangga mempunyai solum (lapisan tanah subur) yang dalam, dengan kemiringan lereng antara 10 – 60 %. Solum tanah > 90 cm untuk lereng 60 % dan > 40 cm untuk lereng 10 %.
  • Tanah stabil, tidak mudah longsor.
  • Tanah tidak mengandung bahan beracun seperti aluminium dan besi dengan konsentrasi tinggi. Tanah berwarna merah atau kuning biasanya mengandung aluminium dan atau besi yang tinggi, sehingga tidak cocok untuk dibuat teras tangga.
Teras tangga dibuat dengan jalan memotong lereng dan meratakan tanah di bidang olah sehingga terjadi suatu deretan berbentuk tangga. 

Ada tiga jenis teras tangga, yaitu : teras bangku, teras datar dan teras miring.

a. Teras Bangku :

Teras bangku adalah teras tangga yang bidang olahnya miring beberapa derajad ke arah yang berlawanan dengan lereng asli. Sehingga aliran air permukaan dari setiap bidang olah mengalir dari bibir teras ke saluran teras ke SPA sehingga hampir tidak pernah terjadi pengiriman air ke teras di bawahnya.

Pembuatan teras bangku ini memerlukan biaya yang mahal karena lebih banyak penggalian bidang olah. Akibat penggalian bidang olah ini, maka di sekitar saluran teras merupakan bagian yang tidak/ kurang subur karena merupakan lapisan tanah bawah (subsoil) yang tersingkap di permukaan tanah. Meski demikian, jika dibuat dengan benar, teras ini sangat efektif mengurangi erosi.






b. Teras datar

Teras datar adalah teras tangga yang bidang olahnya datar (membentuk sudut 0° dengan bidang horisontal). Biaya pembuatannya teras ini lebih murah dibandingkan dengan teras bangku di atas.

Teras ini cukup efektif menahan erosi apabila bibir teras dibuat sedikit lebih tinggi dari bidang olah dan ditanami dengan tanaman penguat.





c. Teras Miring

Teras miring adalah teras tangga yang bidang olahnya miring ke arah lereng asli, namun kemiringannya sudah berkurang dari kemiringan asli.

Teras ini bisa dibuat langsung seperti membuat teras datar namun masih miring, sejajar lereng asli. Pembuatan teras jenis ini memerlukan biaya yang lebih murah dari teras datar dan teras bangku. Efektivitasnya dalam menahan erosi lebih rendah dari teras datar dan teras bangku.




======================
selanjutnya : 4. Teras Individu



Artikel Terkait