Kalimat Bijak :

Sunday, September 6, 2015

Eucalyptus Menjawab

Sidang Pembaca Yang Budiman, dalam beberapa tahun belakangan ini kita sering mendengar adanya informasi yang beredar di kalangan masyarakat mengenai beberapa akibat negatif yang dapat ditimbulkan oleh tegakan jenis-jenis Eucalyptus terhadap lingkungannya khususnya terhadap Tata Air.

Isu yang bersumber dari sang “Mr. X“ tersebut secara perlahan dihembuskan ke tengah masyarakat untuk memperbesar tingkat keraguan masyarakat akan hal-hal posistif yang dikontribusi oleh jenis tanaman ini khususnya terhadap tata air sehingga pada akhirnya diarahkan kepada perasaan membenci pertumbuhan jenis Eucalyptus, meskipun kita juga tidak dapat mengelak bahwa pada saat yang sama pihak-pihak dari kalangan “Mr. X“ yang bernada miring tersebut menyukai serta melirik akan keunggulan kayu yang dihasilkannya, apalagi pada kondisi saat ini dimana pada beberapa lokasi, tegakan Eucalyptus hasil kegiatan Reboisasi beberapa dekade yang lalu telah mulai memasuki “usia remaja“ yang dalam bahasa anak muda disebut ABG dimana bentuk batang pokoknya mulai kelihatan montok, segar dan menggiurkan. 

Apabila isu tersebut mampu menembus atau mengalahkan argumentasi para pemerhati lingkungan terutama rekan-rekan rimbawan atau para pengambil kebijakan (top leader) sektor kehutanan, maka tidak diragukan lagi bahwa dalam beberapa tahun ke depan kita tidak akan menjumpai adanya tegakan Eucalyptus baik dari hasil Reboisasi, Hutan Rakyat (Penghijauan) maupun yang tumbuh dan menyebar secara alami. 

Untuk mermperkuat argumentasi jajaran pemerhati lingkungan itulah tulisan “Eucalyptus menjawab : ......“ ini hadir ke hadapan sidang pembaca yang budiman yang mungkin termasuk salah seorang pemerhati lingkungan atau bahkan mungkin termasuk salah seorang yang berada di jajaran “Hidung Belang“ yang melototkan mata serta menelan air liur ketika melihat kemontokan batang pokok gadis-gadis ABG Tegakan Eucalyptus ?!, .... yang pasti Anda sendiri yang akan menjawabnya dimanakah posisi Anda saat ini dan saat yang akan datang. Walahualam ...


Isu Yang Berkembang dan Argumentasinya

Ada beberapa isu (dan juga merupakan pertanyaan yang harus di jawab) yang beredar di kalangan masyarakat kita. Isu tersebut antara lain menyebutkan bahwa tegakan Eucalyptus berpengaruh buruk terhadap tata air (menyerap air), mengurangi kesuburan tanah,  serta berbagai isu lingkungan lainnya. Adanya isu tersebut membuat jenis tanaman ini dianggap bertanggungjawab terhadap kehilangan mata air-mata air dan berkurangnya kesuburan tanah. Benarkah tanaman ini berpengaruh buruk terhadap tata air, kesburan tanah, atau lingkungan?. Berikut ini kami sajikan argumentasi-argumentasi sebagai tangkisan atas adanya dugaan/ isu yang memojokan tersebut : 


ISU YANG BERKEMBANG :




Artikel Terkait