Kalimat Bijak :

Saturday, September 19, 2015

Cara Pembuatan Bokashi Express




CARA PEMBUATAN BOKASHI EXPRESS (24 JAM)


1. Siapkan bahan-bahan sebagai berikut :

- 200 kg jerami kering/ daun-daunan kering/ sekam/ serbuk gergaji/ bahan apa saja yang dapat difermentasi.

- 20 kg Dedak.

- 20 kg Bokashi yang sudah jadi.

- 5 Sendok makan Gula pasir.

- 200 ml (=20 sendok makan) EM4 .

2. Buat larutan EM4 dengan melarutkan 5 sendok makan Gula Pasir dan 200 ml EM4 ke dalam air secukupnya.

3. Campurkan secara merata 200 kg jerami kering/daun daunan kering/sekam/ serbuk gergaji/ bahan apa saja yang dapat terfermentasi dengan 20 kg Dedak dan 20 kg Bokashi yang sudah jadi.

4. Siramkan perlahan-lahan larutan EM4 yang telah disiapkan tadi secara merata pada campuran kering/daun daunan kering/sekam/ serbuk gergaji/ bahan apa saja yang dapat terfermentasi, dedak dan arang sekam sambil diaduk-aduk hingga kadar air adonan mencapai sekitar 30% (ditandai dengan : bila adonan dikepal dengan tangan air tidak keluar dari adonan, dan bila kepalan dilepas adonan akan mengembang/megar).

5. Selanjutnya, adonan tersebut digundukkan di lantai atau ubin yang kering dengan ketinggian 15-20 cm, lalu tutup gundukan dengan karung goni selama 3-4 hari.

6. Selama periode tersebut, pertahankan suhu gundukan adonan tersebut dalam kisaran 40 – 50 ˚C. Jika suhu lebih dari 50 ˚C, buka karung goni dan gundukan dibalik-balik, lalu tutup lagi dengan karung goni. Suhu tinggi akan mengakibatkan bokashi rusak karena terjadi proses pembusukan. Pengecekan suhu sebaiknya dilakukan setiap 5 jam guna mencegah kenaikan suhu yang tinggi.

Setelah 4 hari, Bokashi telah terfermentasi dan siap digunakan. 


Selamat mencoba.


Artikel Terkait