Kalimat Bijak :

Thursday, January 30, 2014

Komitmen Bersama Yang Perlu Dibangun (Kayu Cair-Biometanol : Energi Hijau Ramah Lingkungan (12/12)

  1. Untuk mendatangkan teknologi baru dari luar negeri serta melakukan uji coba di lapangan di Indonesia, serta mengadopsi ke dalam bisnis diperlukan dukungan para pihak, utamanya pemerintah.
  2. Komitmen mulai dari Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Daerah harus terbangun dengan kuat karena pengembangan biometanol berbasis kayu ini merupakan mitigasi sekaligus adaptasi terhadap perubahan iklim global.
  3. Untuk mendatangkan tenologi baru, perlu dukungan dana baik nasional maupun internasional, atau melalui mekanisme transfer of technology seperti dalam CDM. Dalam hal ini fungsi pemerintah sangat diharapkan.
  4. Pemerintah (Kementerian Kehutanan) harus memasukan program pembangunan biometanol ini ke dalam Rencana Kerja Jangka Menengah-nya. Bila belum ada, dapat dilakukan revisi.
  5. Kementerian Kehutanan harus proaktif dalam lembaga Dewan Energi Nasional (DEN), bersinergi dengan Kementerian ESDM dan lembaga terkait lainnya, agar biometanol menjadi bagian dari strategi ketahanan energi nasional.
  6. Bahan baku kayu baik dari limbah logging maupun hutan tanaman harus dibebaskan dari segala pungutan, begitu pula produk biometanolnya, harus bebas pajak dan pungutan. Apabila pemerintah akan mengambil pajak dari usaha ini cukup dari PPh Pasal 21 (Pajak Badan) atas badan usahanya saja.




=SELESAI=
Artikel Terkait