Kalimat Bijak :

Sunday, September 6, 2015

Tegakan Eucalyptus Membuat Tanah Menjadi Asam?


ISU YANG BERKEMBANG :

Tegakan Eucalyptus membuat tanah menjadi asam



JAWABAN ATAS ISU YANG BERKEMBANG :

TEGAKAN EUCALYPTUS TIDAK MEMBUAT TANAH MENJADI MASAM TETAPI SEBALIKNYA MAMPU MENINGKATKAN PH TANAH KE POSISI NETRAL

Sekalipun Eucalyptus memiliki kemampuan beradaptasi dengan tanah masam, namun tidak mengakibatkan tanah bersifat asam. Pengembalian Kalsium melalui produktivitas seresah cenderung meningkatkan pH tanah pada posisi netral daripada menurunkannya.

Hasil penelitian :

  1. Jumlah Kalsium yang dikembalikan oleh Eucalyptus adalah 2,6 kali lebih banyak dari tanaman Jati (Tectona grandis) dan 4,4 kali dari tanaman Shorea robusta di Dehra Dun seperti dilaporkan oleh Seth et al (1963).
  2. Singhal et al (1975) melakukan perbandingan terhadap fraksi-fraksi alkali yang dapat diekstraksi dan asam yang dapat dihidrolisa pada bahan organik tanah di bawah tanaman Eucalyptus dan di sekitar tegakan alam Shorea robusta selama 5 tahun. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa :

  • Proses humifikasi bahan organik ke tanah dari Eucalyptus berlangsung lebih cepat daripada yang dikendalikan oleh Shorea, karena komposisi kimia Eucalyptus lebih menguntungkan.
  • Bahan humifikasi yang dihasilkan lebih cepat menyatu dengan tanah permukaan di bawah Eucalyptus daripada Shorea.
  • Translokasi bahan humifikasi ke bagian yang lebih dalam dari tanah permukaan lebih jelas di bawah Eucalyptus daripada di bawah Shorea, karena adanya perubahan yang menguntungkan di bawah tanah oleh Eucalyptus.



Artikel Terkait